Tautan-tautan Akses

Pakistan Usahakan Dialog AS-Taliban


Utusan khusus AS untuk rekonsiliasi Afghanistan, Zalmay Khalilzad bertemu Menlu Pakistan Tehmina Janjua di Islamabad, Kamis (17/1).
Utusan khusus AS untuk rekonsiliasi Afghanistan, Zalmay Khalilzad bertemu Menlu Pakistan Tehmina Janjua di Islamabad, Kamis (17/1).

Pakistan mengintensifkan upaya agar dialog dengan Taliban Afghanistan, yang dipimpin Amerika, tetap berlangsung dengan mengupayakan pertemuan antara kepala perunding Amerika yang sedang berkunjung dan perwakilan pemberontak, sumber-sumber yang sangat penting memberitahu VOA hari Kamis (17/1).

Sumber-sumber resmi itu tampak yakin akan membuat kedua pihak berunding, tetapi menyatakan bahwa tanggung jawab atas "keberhasilan atau kegagalan" proses perdamaian Afghanistan yang masih baru itu "sepenuhnya" terletak pada kedua pihak yang berunding.

Peringatan itu muncul beberapa jam setelah utusan khusus Amerika untuk rekonsiliasi Afghanistan, Zalmay Khalilzad, tiba di ibukota Pakistan, di tengah-tengah harapan bahwa pertemuan langsung mungkin terjadi antara delegasinya dan para perunding Taliban selama ia berada di Pakistan.

Sebelum berangkat dari Kabul hari Rabu, Khalilzad mengatakan kepada wartawan, pembicaraan dengan Taliban akan "segera terjadi. Sedang kami upayakan." Ia tidak menguraikan.

Sementara itu dalam langkah yang dipandang signifikan, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menelepon Perdana Menteri Pakistan Imran Khan hari Kamis dan membahas upaya-upaya yang sedang dilakukan untuk mewujudkan perdamaian di Afghanistan. (ka)

Recommended

XS
SM
MD
LG