Tautan-tautan Akses

Pakistan Tangkap 5 Militan Terkait Al-Qaida dan ISIS


Pasukan keamanan Pakistan melakukan patroli di Karachi (foto: ilustrasi).

Pihak berwenang Pakistan, Rabu (12/4), mengatakan, bahwa pasukan keamana dalam sejumlah aksi pengerebekan terpisah telah menangkap lima militan senior yang bekerja untuk jaringan al-Qaida dan ISIS di Karachi.

Mereka yang ditangkap adalah pakar pembuat bom, pembom bunuh diri terlatih dan perekrut anggota "al-Qaidaā€¯, kata Kolonel Qaisar Khan, juru bicara pasukan para militer propinsi yang disebut Rangers.

Kepada wartawan di Karachi, Khan mengatakan, pasukan keamanan juga berhasil menyita sejumlah rompi bom bunuh diri, senjata dan amunisi milik para militan. Menurutnya, para militan itu sedang merencanakan serangan terhadap kelompok-kelompok minoritas keagamaan, Rangers dan polisi di kota pelabuhan itu.

Masih menurut Khan, sejumlah militan yang ditangkap mendapatkan pelatihan di kamp-kamp al-Qaida di Waziristan Utara dan negara tetangga Afghanistan pada 2013 sebelum pindah dan memposisikan diri di Karachi.

Para militan al-Qaida telah bertahun-tahun memanfaatkan kawasan-kawasan Pakistan yang rusuh, termasuk kawasan kesukuan Waziristan sebagai tempat perlindungan, meski sejumlah pejabat mengatakan, parsarana teroris di sana telah dilucuti berkat operasi militer kontra-terorisme yang berlanjut. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG