Tautan-tautan Akses

Sekjen PBB Pilih Malala Jadi Utusan Khusus Bidang Perdamaian


FILE : Malala Yousafzai saat menerima penghargaan Anna Politkovskaya Award, di Southbank Center London, Okt 4 2013. (reuters)

Sekjen PBB Antonio Guterres memilih pemenang anugerah Nobel Perdamaian Malala Yousafzai menjadi Utusan Khusus PBB Bidang Perdamaian, penghargaan tertinggi yang diberikan pemimpin PBB pada seorang warga dunia.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric hari Jum’at (7/4) mengumumkan bahwa Malala akan memusatkan perhatian untuk mempromosikan pendidikan anak perempuan di seluruh dunia dan akan secara resmi disampaikan dalam upacara hari Senin (10/4).

Gadis berusia 19 tahun itu sebelumnya mengkampanyekan hak bagi setiap anak di bagian barat daya Pakistan untuk memperoleh pendidikan, ketika ia menderita luka parah akibat percobaan pembunuhan oleh Taliban.

Guterres mengatakan ketika berhadapan dengan bahaya “Malala menunjukkan komitmen teguh atas hak-hak kaum perempuan dan anak perempuan, dan seluruh orang.”

Beberapa tokoh yang pernah menjadi utusan khusus perdamaian sebelumnya adalah aktor Michael Douglas dan Leonardo DiCaprio, aktris Charlize Theron, pakar primate Jane Goodall, juga musisi Daniel Barenboim dan Yo-Yo Ma. [em]

XS
SM
MD
LG