Tautan-tautan Akses

ISIS Klaim Telah Dirikan 'Provinsi ISIS” di Pakistan


Militan ISIS setelah ditangkap dalam operasi pasukan Afghanistan di Kabul (foto: ilustrasi). ISIS memperkuat kehadiran mereka di Pakistan dan Afghanistan.
Militan ISIS setelah ditangkap dalam operasi pasukan Afghanistan di Kabul (foto: ilustrasi). ISIS memperkuat kehadiran mereka di Pakistan dan Afghanistan.

ISIS mengatakan, telah mendirikan "provinsi" di Pakistan, hanya beberapa hari setelah organisasi teroris itu memakai nama "Provinsi Hind" untuk serangan yang diklaimnya di bagian yang dikuasai India di wilayah Kashmir yang disengketakan.

Kedua wilayah itu sebelumnya berada di bawah "Provinsi Khorasan" atau ISKP - nama yang digunakan kelompok teroris yang berbasis di Timur Tengah untuk operasi regionalnya yang diluncurkan pada awal 2015 dari pangkalan di perbatasan Afghanistan - menurut SITE Intelligence Group, yang memantau ancaman Jihadis.

Dalam pengumuman resmi komunike yang dikeluarkan melalui corong propaganda globalnya, kantor berita Amaq, "Provinsi ISIS Pakistan" mendapat pujian karena membunuh seorang perwira polisi Pakistan minggu ini di Mastung. Mereka juga melakukan penembakan pada pertemuan militan yang berhubungan dengan kelompok militan Taliban Pakistan yang dilarang di Quetta.

Kedua distrik tersebut terletak di provinsi Baluchistan yang dilanda kekerasan, berbatasan dengan Afghanistan dan Iran. Beberapa kelompok Baluch dan organisasi sektarian separatis juga aktif di provinsi tersebut.

Belum ada reaksi langsung dari pemerintah Pakistan. (ps)

Recommended

XS
SM
MD
LG