Tautan-tautan Akses

Pakistan Jadi Tuan Rumah Pertemuan Antiterorisme


Delegasi India menghadiri rapat pleno pertemuan puncak keamanan Organisasi Kerja Sama Shanghai di Beijing, China, 22 Mei 2018.
Delegasi India menghadiri rapat pleno pertemuan puncak keamanan Organisasi Kerja Sama Shanghai di Beijing, China, 22 Mei 2018.

Pakistan menyelenggarakan pertemuan dua hari anggota Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) yang didominasi China. Pertemuan berlangsung mulai Rabu (23/5). Topik yang dibicarakan adalah kerja sama antiterorisme dan diduga juga bakal dihadiri oleh delegasi India.

Organisasi itu beranggotakan China, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, India, Tajikistan, Uzbekistan dan Pakistan. Para pengecam melihat organisasi ini semakin condong menjadi tandingan bagi Persekutuan NATO.

Kalangan pengamat mengemukakan kehadiran India dalam pertemuan itu merupakan langkah penting untuk meredakan ketegangan militer dan politik antara India dan Pakistan.

India tidak mau berbicara dengan Pakistan sebelum Pakistan mengadili militan yang melancarkan serangan di wilayah India.

Pakistan menyangkal punya kaitan dengan terorisme lintas batas dan mengatakan kedua negara perlu duduk di meja perundingan untuk meredakan ketegangan dan membicarakan semua pertikaian termasuk yang melibatkan Kashmir. [vm/al]

XS
SM
MD
LG