Tautan-tautan Akses

PM Pakistan Kunjungi Kabul untuk Bahas Perdamaian di Afghanistan


Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi disambut oleh Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di Kantor Kepresidenan Afghanistan di Kabul, 6 April 2018.
Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi disambut oleh Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di Kantor Kepresidenan Afghanistan di Kabul, 6 April 2018.

Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi berada di Afghanistan untuk melakukan pembicaraan resmi mengenai hubungan bilateral yang tegang dan prakarsa Kabul dalam mengupayakan perundingan untuk mengakhiri perangnya dengan Taliban.

Menurut para pejabat, Abbasi melakukan lawatan Jumat (6/4) ini atas undangan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, “mengingat dukungan Pakistan terhadap tawaran perundingan perdamaian Ghani kepada Taliban.”

Satu pasukan kehormatan Afghanistan menyambut kedatangan perdana menteri Pakistan itu di istana presiden di Kabul.

Zahid Nasrullah Khan, duta besar Pakistan untuk Afghanistan menyatakan sangat berharap kunjungan itu akan membuka babak baru iktikad baik, persahabatan dan persaudaraan antara dua negara bertetangga tersebut.

Kunjungan itu berlangsung sehari setelah pemerintah Afghanistan menuduh jet-jet tempur Pakistan melanggar wilayah udara negara tersebut dan mengebom daerah-daerah di provinsi perbatasan, Kunar, meskipun para pejabat melaporkan tidak ada kerusakan dalam serangan itu.

Baca juga: PM Pakistan akan Kunjungi Kabul untuk Bahas Perdamaian di Afghanistan

Islamabad segera menolak tuduhan yang disebutnya tak berdasar itu, seraya menyatakan pasukan keamanan Pakistan melancarkan operasi-operasi kontra-terorisme di wilayah mereka sendiri untuk mencegah militan yang berbasis di Afghanistan melancarkan serangan lintas perbatasan.

Dalam pertemuan hari Jumat (6/4) dengan Ghani dan Kepala Eksekutif Afghanistan Abdullah Abdullah, Abbas akan membahas cara-cara memperkuat kerjasama ekonomi, keamanan dan kontraterorisme, kata para pejabat. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG