Tautan-tautan Akses

Pakistan: India Ingin Kerjasama dalam Berantas Hama


Jubir Kementerian Luar Negeri Pakistan, Aisha Farooqui

Pakistan telah mengonfirmasi bahwa saingannya, India, mengusulkan kemitraan trilateral dengan Iran untuk memberantas invasi hama belalang perusak hasil pertanian, yang mengancam ketahanan pangan bagi jutaan orang di seluruh kawasan itu.

Tawaran kerja sama India yang langka itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan militer dengan Pakistan mengenai wilayah Kashmir yang disengketakan, memperparah hubungan yang tegang sejak dulu antara kedua negara bertetangga yang sama-sama bersenjata nuklir itu.

"Kami telah menerima proposal dari India," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Aisha Farooqui kepada VOA. “Kami yakin bahwa respon yang terkoordinasi dengan baik, penting untuk mengatasi tantangan akibat hama belalang," tegasnya. Dia tidak mengatakan apa kemungkinan respon Islamabad terhadap proposal India itu.

Namun, Farooqui, mencatat bahwa Pakistan "bekerja sama erat" dengan negara-negara regional, termasuk India dan mitra-mitra global, terutama Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), untuk mengatasi ancaman hama belalang itu.

Kerjasama regional lebih besar yang sudah ada sekarang ini, berjalan di bawah Komisi FAO untuk Kontrol Hama Belalang di Asia Barat Daya (SWAC), yang dibentuk pada 1964 dengan Afghanistan, India, Iran dan Pakistan sebagai anggotanya. [vm/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG