Tautan-tautan Akses

Pakar Memperingatkan Wabah Virus Corona di AS Bisa Memburuk 


Direktur Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular, Anthony Fauci, menjawab pertanyaan media saat konferensi pers di Gedung Putih, Washington, 3 Maret 2020. (Foto: Reuters)

Ketika virus corona dengan cepat menyebar ke seluruh Amerika Serikat, seorang pakar penyakit menular memperingatkan kondisi terburuk masih akan terjadi.

“Saya bisa katakan, kita akan melihat lebih banyak kasus, dan situasinya akan menjadi lebih buruk dari pada sekarang,” kata Dr. Anthony Fauci, direktur dari Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular (US National Institute of Allergy and Infectious Diseases) kepada Kongres.

Dijelaskannya, “seberapa buruk situasinya” akan bergantung pada kemampuan untuk membendung pelaku perjalanan yang terinfeksi, dan juga membendung penyebaran wabah di dalam negeri.

Dalam sidang dengar Komite Pengawasan dan Reformasi DPR, Rabu (11/3), Fauci menekankan bahwa kini waktunya untuk melakukan upaya mitigasi secara agresif.

“Juga di daerah di mana tidak ada atau sedikit kasus, kita harus mengubah perilaku kita. Kita pada dasarnya harus mengasumsikan, kita juga akan terkena.”

Dia memperingatkan COVID-19, nama resmi untuk virus corona ini, sepuluh kali lebih mematikan dibandingkan sakit flu musiman. [jm/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG