Tautan-tautan Akses

Trump Umumkan Kebijakan Ekonomi Baru, Larangan Sementara Perjalanan ke Eropa


President Donald Trump memberi pidato dari Ruang Oval di Gedung Putih tentang virus corona, Rabu, 11 Maret 2020. (Foto: Doug Mills/The New York Times via AP, Pool)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan langkah-langkah ekonomi baru dan menerapkan pelarangan sementara perjalanan ke Eropa.

Sejumlah kebijakan itu diambil setelah Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mendeklarasikan virus corona sebagai pandemik dan bursa-bursa saham di Amerika Serikat tersungkur ke dalam kondisi bear market. Selain itu, langkah tersebut juga bertujuan untuk menenangkan warga Amerika yang semakin khawatir dengan pandemik ini.

Dalam pidato yang disiarkan secara nasional, Trump mengatakan, “kami mengerahkan kekuatan penuh dari pemerintah federal dan sektor swasta untuk melindungi rakyat Amerika. Ini merupakan usaha paling agresif dan menyeluruh untuk menghadapi virus asing ini dalam sejarah modern.”

Presiden tidak mendeklarasikan darurat nasional, yang tadinya juga dipertimbangkan.

Trump mengatakan, dia mengambil tindakan yang memungkinkan Badan Usaha Kecil( Small Business Administration) untuk menyediakan kredit kepada bisnis kecil di negara-negara bagian yang terkena dampak pandemik. Dia juga memerintahkan Departemen Keuangan untuk mengecualikan pembayaran pajak bagi orang atau bisnis tertentu.

Trump juga menyerukan agar Kongres segera menyusun paket legislatif yang memberi keringanan pajak atas gaji.

Trump juga mengumumkan bahwa mulai Jumat (13/3) tengah malam, semua perjalanan dari Eropa ke AS akan dihentikan selama 30 hari. Namun, imbuh Trump, Inggris akan dikecualikan dari larangan perjalanan sementara ini. [jm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG