Tautan-tautan Akses

Pakar Bom Jerman akan Jinakkan Bom Era PD II di Frankfurt


Sebuah bom Perang Dunia II yang tidak meledak meledak diamankan di sebuah truk di dekat stasiun utama di Berlin 3 April 2013. (Foto: dok).
Sebuah bom Perang Dunia II yang tidak meledak meledak diamankan di sebuah truk di dekat stasiun utama di Berlin 3 April 2013. (Foto: dok).

Polisi Jerman dan para petugas pemadam kebakaran, hingga Jumat pagi (5/6), masih disibukkan oleh kegiatan mengamankan kawasan dekat sebuah gedung pertemuan besar di Frankfurt, dalam usaha menjinakkan bom era Perang Dunia Ke-2 yang ditemukan baru-baru ini di sebuah proyek konstruksi.

Pihak berwenang mengatakan, sekitar 2.700 orang diminta mengungsi sewaktu mereka mengurung kawasan itu sebagai tindakan berjaga-jaga sewaktu menjinakkan bom seberat 500 kilogram. Layanan bis dan kereta yang melintasi kawasan itu juga dihentikan.

Para pakar bom akan mulai berusaha menjinakkan bom itu pada tengah hari Jumat (5/6), dan mereka memperkirakan, usaha itu akan selesai pada jam makan malam.

Meski perang itu telah berakhir 75 tahun lalu, temuan bom dari era perang tersebut relatif masih sering terjadi di Jerman. Pada Juni 2019, dua bom ditemukan di sebelah utara Frankfurt, satu bom Jerman seberat 250 kilogram dan satu bom Amerika seberat 50 kilogram.

Bom Jerman terpaksa diledakkan karena dianggap tidak aman untuk dijinakkan, sementara bom Amerika berhasil dijinakkan. Pada saat itu lebih dari 2.500 orang terpaksa dievakuasi sebagai langkah pengamanan.

Dua hari sebelumnya, sebuah bom lain meledak di sebuah tanah lapang di Jerman bagian barat. Ledakan bom itu menghasilkan sebuah lubang besar. Bom-bom era perang yang belum meledak umumnya merupakan peninggalan operasi militer Sekutu melawan Nazi Jerman pada saat itu. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG