Tautan-tautan Akses

Pabrik Mobil Listrik Tesla Inc Masih Terus Merugi


Dua mobil " 2018 Model 3" Tesla dipajang di dealer Tesla di kota Littleton, Colorado (foto: ilustrasi).
Dua mobil " 2018 Model 3" Tesla dipajang di dealer Tesla di kota Littleton, Colorado (foto: ilustrasi).

Pembuat mobil listrik Tesla rugi 739,5 juta dollar dalam kuartal terakhir, dan diperkirakan akan mencatat kerugian bersih 717,5 juta dollar tahun ini walaupun masih terus membuat mobil listrik.

CEO Elon Musk berjanji perusahaannya akan mendapat keuntungan bersih dalam kuartal-kuartal mendatang. Setelah pernyataan Musk itu, saham Tesla melonjak 9,3 persen menjadi 328 dollar 85 sen dalam perdagangan setelah bursa tutup.

Elon musk mengatakan, menurut kantor berita AP, Tesla akan menggunakan dana yang diperoleh dari penjualan mobilnya untuk membangun pabrik baru di China yang bernilai dua milyar dollar dan sebuah pabrik lainnya di Eropa.

Tesla mengatakan keuntungan dari penjualan mobil Tesla model-3 tercatat “agak positif” dalam kuartal terakhir, sementara perusahaan mengadakan perbaikan-perbaikan yang mahal dalam proses manufakturingnya.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah bursa tutup hari Rabu (1/8), Tesla mengatakan akan membuat antara 50.000 sampai 55.000 model-3 dalam kwartal ketiga, suatu peningkatan 75 persen dibanding kuartal pertama.

Tesla juga mengatakan berhasil membuat 5.000 mobil per minggu dalam bulan Juni dan akan meningkatkan produksi menjadi 6.000 buah per minggu menjelang akhir bulan Agustus.

Tingkat produksi 10.000 per minggu kemungkinan akan dicapai tahun depan, kata sebuah pernyataan Tesla. [ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG