Tautan-tautan Akses

Elon Musk Minta Maaf Atas Komentar Tidak Pantasnya


CEO dan pendiri Tesla, Elon Musk dalam konferensi pers di Chicago, 14 Juni 2018.(Foto: dok).
CEO dan pendiri Tesla, Elon Musk dalam konferensi pers di Chicago, 14 Juni 2018.(Foto: dok).

Elon Musk telah meminta maaf atas komentar tidak pantasnya, yang ditujukan kepada seorang pakar gua Inggris, yang terlibat dalam usaha penyelamatan 12 anak anggota sebuah tim sepakbola dan pelatih mereka yang terjebak dalam sebuah gua yang kebanjiran di Thailand.

Pendiri perusahaan mobil listrik Tesla dan SpaceX ini menyebut Vernon Unsworth seorang pedo – kependekan dari pedofil atau pelaku pedofilia -- dalam sebuah cuitannya di Twitter. Pernyataan Musk ini muncul menanggapi penolakan Unsworth atas tawaran Musk untuk membantu usaha penyelamatan dengan bantuan kapal selam mini yang dirancang SpaceX. Unsworth menganggap tawaran Musk itu semata untuk kepentingan publikasi.

Musk belakangan memang menghapus cuitannya itu. Namun itu dilakukannya setelah cuitannya menjadi viral di media sosial. Saham Tesla merosot akibat tindakannya itu, dan kemampuan memimpin dan fokus Musk juga dipertanyakan.

Musk mengunggah permintaan maafnya melalui Twitter sebagai tanggapan atas sebuah artikel panjang mengeni kontroversi itu di situs tanya-jawab Quora. Ia mengatakan, pernyataannya itu disampaikan karena ia marah setelah Unsworth mengatakan sejumlah ketidakbenaraan dan menuding dirinya “berhubungan intim” dengan kapal selam mini itu.

Musk lebih jauh mengatakan, tindakan Unsworth terhadap dirinya tidak dapat membenarkan tindakannya terhadap Unsworth, dan untuk itu ia meminta maaf kepada Unsworth dan perusahaan-perushaan yang dipimpinnya.

Unsworth sendiri mengatakan, ia sedang mempertimbangkan untuk melakukan gugatan hukum terhadap Musk. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG