Tautan-tautan Akses

Orangutan Albino Ditemukan di Kalimantan


Foto bayi orangutan di pinggiran Palangkaraya, Kalimantan Tengah, 26 Oktober 2015 (Foto: AFP/Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF)-dok).

Seekor orangutan albino yang langka telah diselamatkan The Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) atau Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo dari desa terpencil di kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan. Tadinya makhluk berbulu putih bermata biru itu dikurung penduduk setempat di sebuah kandang, kata kelompok perlindungan satwa hari Selasa.

Dalam sebuah penemuan yang sangat tidak biasa, pihak berwenang menangkap orangutan betina itu yang diperkirakan berusia lima tahun.

The Borneo Orangutan Survival Foundation yang merawat kera albino yang terancam punah itu mengatakan, dalam 25 tahun sejarah organisasi tersebut, belum pernah menemukan orangutan semacam itu.

Orangutan Borneo yang normal berambut coklat kemerahan.

Penduduk desa mengatakan, mereka menangkap orangutan yang belum diberi nama itu pada hari Kamis. Pihak berwenang menyelamatkannya dua hari kemudian.

"Orangutan adalah binatang langka, dan orangutan albino bahkan lebih langka lagi," kata Nico Hermanu, juru bicara BOSF kepada AFP.

"Sejak BOSF didirikan 25 tahun yang lalu, kami belum pernah mempunyai orangutan albino di pusat rehabilitasi kami."

Foto menunjukkan ada darah kering di sekitar hidung makhluk itu, kemungkinan dari luka yang terjadi ketika orangutan itu membela diri tatkala penduduk setempat mencoba menangkapnya.

Orangutan telah dibawa ke balai rehabilitasi BOSF untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Hampir 500 orangutan dipelihara di balai itu. [ps/al]

XS
SM
MD
LG