Tautan-tautan Akses

Obama: Persekutuan AS-Jepang Pondasi Keamanan Global


Sebelum pertemuan dengan PM Naoto Kan di New York, Obama mengatakan persekutuan kedua negara membantu memajukan perdamaian di seluruh dunia.

Presiden Amerika Barack Obama menyebut persekutuan Amerika-Jepang “pondasi” keamanan global, sementara pemerintahannya mendesak Jepang dan Tiongkok menyelesaikan sengketa wilayah yang sedang tegang.

Presiden Obama mengatakan persekutuan antara Amerika dan Jepang membantu memajukan perdamaian di seluruh dunia. Ia mengatakan demikian menjelang pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Naoto Kan di sela-sela sidang Majelis Umum PBB di New York hari Kamis.

Sebelumnya hari Kamis, Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mendesak Tiongkok dan Jepang agar dengan cepat menyelesaikan sengketa yang meningkat atas penahanan oleh Jepang seorang kapten kapal penangkap ikan Tiongkok.

Di Washington, Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengatakan Amerika Serikat akan memenuhi tanggung jawab persekutuannya dengan Jepang kalau diperlukan. Ia tidak memberi penjelasan lebih jauh.

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao mengatakan di New York hari Rabu bahwa Tiongkok akan mengambil tindakan lebih jauh “yang tidak dijelaskan” kalau Jepang tidak membebaskan kapten kapal penangkap ikan itu, yang ditangkap dua minggu lalu dekat kepulauan yang diklaim kedua negara, Jepang mengatakan kapal nelayan tersebut menubruk dua kapal pengawal pantai Jepang.

Dalam perkembangan terakhir, Jepang dilaporkan akan segera membebaskan kapten kapal penangkap ikan Tiongkok itu.

XS
SM
MD
LG