Tautan-tautan Akses

Obama Didesak Hadiri Konferensi Hiroshima


Presiden AS Barack Obama diminta untuk bergabung dalam pertemuan tahunan para pemenang Hadiah Nobel Perdamaian di Hiroshima, Jepang.

Lima orang tokoh dunia, yaitu empat mantan pemimpin dan seorang pemimpin dunia, telah mendesak Presiden Amerika Barack Obama untuk bergabung bersama mereka dalam pertemuan tahunan para pemenang Hadiah Nobel Perdamaian di Hiroshima, Jepang.

Presiden Barack Obama menerima penghargaan Nobel perdamaian tahun lalu dalam sebuah upacara yang diselenggarakan di Oslo, Norwegia 10 Desember 2009. Hadiah Nobel perdamaian bagi Presiden Obama ini merupakan yang ke-4 yang diberikan kepada Presiden Amerika.

Namun, belum pernah satupun Presiden Amerika yang sedang menjabat, mengunjungi Hiroshima, kota yang dijatuhi bom atom pertama oleh Amerika pada masa Perang Dunia kedua, tanggal 6 Agustus tahun 1945.

Desakan kepada Obama untuk menghadiri konferensi Hiroshima itu datang lewat sepucuk surat dari mantan presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev, mantan Presiden Polandia Lech Walesa, mantan Presiden Afrika Selatan Frederik de Klerk dan mantan Presiden Costa Rica, Oscar Arias Sanchez, serta Presiden Timor Timur yang sekarang, Jose Ramos-Horta yang ikut menandatangani surat tersebut.

Presiden Obama belum mengumumkan rencana apapun untuk menghadiri pertemuan bulan November itu yang merupakan pertemuan tahunan, meski demikian ia dijadwalkan akan berada di Jepang pada tanggal 13 dan 14 November untuk menghadiri KTT para pemimpin Asia-Pasifik.

XS
SM
MD
LG