Tautan-tautan Akses

AS

Obama Komentari Pemilihan Presiden Perancis


Mantan Presiden AS Barack Obama di Chicago, 3 Mei 2017 (AP Photo/Nam Y. Huh).

Mantan presiden Barack Obama secara resmi memberi dukungannya kepada kandidat presiden Perancis Emmanuel Macron, Kamis (4/5), dan katanya, kemenangan Macron sangat penting untuk masa depan Perancis serta nilai-nilai yang sangat kita junjung tinggi.

Obama mengatakan dirinya sangat mengagumi nilai-nilai liberal yang dianut oleh Macron dan katanya Macron berkomitmen pada masa depan lebih baik untuk Perancis.

“Karena pentingnya pemilihan ini, saya mendukung Emmanuel Macron untuk memimpin ke depan,” kata Obama, dan dia mencatat Macron memberi rakyat harapan dan bukan ancaman ketakutan, sebuah sindirian terhadap kandidat Marine Le Pen.

Intervensi Obama pada saat-saat terakhir datang setelah Le Pen dan Macron berhadap-hadapan dalam perdebatan televisi dua jam yang sengit, dan beberapa hari sebelum pemilihan kedua dilangsungkan.

Le Pen menggambarkan lawannya sebagai kapitalis yang tidak berperi kemanusiaan tetapi lemah dalam menghadapi terorisme, sementara Macron menyebutnya penipu dan ekstremis yang berbahaya.

Le Pen dalam pernyataan pembukanya menyebut mantan menteri ekonomi Macron kandidat yang hendak menyelamatkan globalisasi. Macron menyebut Le Pen pewaris faksi esktrim kanan Perancis. [jm]

XS
SM
MD
LG