Tautan-tautan Akses

Calon Presiden Perancis Dijadwalkan Berhadapan dalam Debat


Emmanuel Macron dan Marine Le Pen beberapa menit sebelum debat di Paris, 3 Mei 2017.

Calon presiden Perancis Marine Le Pen dan Emmanuel Macron, Rabu malam (43/5) akan berhadapan dalam debat selama dua jam yang disiarkan langsung di televisi, satu-satunya debat yang dijadwalkan dalam putaran kedua pemilu.

Debat antara Le Pen yang beraliran ekstrem kanan dan saingannya yang beraliran tengah akan menjadi puncak debat panas, sementara kedua calon berusaha untuk meraih dukungan dari sekitar 18 % pemilih yang belum menentukan pilihan.

Macron mengalahkan Le Pen dengan mudah dalam jajak-jajak pendapat meskipun keunggulannya agak menurun sejak putaran pertama pemilu 23 April.

Rata-rata jajak pendapat menunjukkan Macron unggul 60 % sampai 40 % dari Le Pen meskipun keunggulan tersebut merosot sekitar tiga poin selama 10 hari terakhir.

Debat hari Rabu yang akan disiarkan kepada sekitar 20 juta penonton pada dua televisi terbesar Perancis dianggap sebagai pertarungan antara kedua calon yang belum pernah berdebat langsung.

Semua tema besar kampenye diperkirakan akan dicakup termasuk tingginya pengangguran Perancis, imigrasi dan keamanan yang tampaknya akan menjadi topik utama mengingat situasi Perancis saat ini dalam keadaan darurat terkait serangan teror berkali-kali.

Macron tampaknya yang paling banyak kalah dalam debat itu karena Le Pen tampaknya akan berusaha menggunakan kesempatan itu untuk memperkuat posisinya dalam jajak-jajak pendapat menjelang pemilu putaran kedua hari Minggu.

Kedua calon telah mengurangi kampenye dalam beberapa hari terakhir untuk mempersiapkan debat ini. [my/jm]

XS
SM
MD
LG