Tautan-tautan Akses

Obama Cetuskan Gagasan untuk Legalisasi 11 Juta Imigran Gelap


Presiden Barack Obama melambaikan tangannya setibanya di SMA Del Sol di Las Vegas, Nevada untuk menyampaikan pidato terkait reformasi imigrasi (29/1).
Presiden Barack Obama melambaikan tangannya setibanya di SMA Del Sol di Las Vegas, Nevada untuk menyampaikan pidato terkait reformasi imigrasi (29/1).

Presiden Barack Obama mengatakan sekarang saatnya untuk reformasi imigrasi yang menyeluruh dan masuk akal, untuk menyelesaikan status 11 juta imigran gelap di Amerika.

Dalam pidatonya di Las Vegas, Nevada, hari Selasa (29/1), Obama mengatakan usul reformasi imigrasi yang garis besarnya dikemukakan sekelompok Senator dari kedua partai politik utama Amerika sangat sesuai dengan azas-azas dan kebijakan yang dikemukakannya.

Presiden mengatakan program imigrasinya mempunyai tiga sasaran utama: memusatkan perhatian pada penegakan undang-undang imigrasi yang lebih kuat dan lebih pintar, menciptakan jalur bagi imigran gelap untuk memperoleh kewarga-negaraan, dan memperbaiki sistem imigrasi legal supaya Amerika tetap sebagai magnit bagi orang yang terbaik dan terpintar di dunia.

Rencana reformasi yang garis-besarnya dikemukakan para Senator hari Senin (28/1) itu mencakup ketiga sasaran yang dikehendaki Presiden Obama.

Obama mengatakan ia gembira karena para anggota Kongres tampaknya mempunyai keinginan yang sungguh-sungguh untuk menyelesaikan rencana imigrasi baru segera, tetapi ia menambahkan tindakan cepat harus diambil. Presiden mengatakan hal tersebut tidak boleh terjerat dalam perdebatan emosional dan tidak ada ujungnya.
XS
SM
MD
LG