Tautan-tautan Akses

Obama Bersikeras Soal Kemajuan di Afghanistan


Presiden Obama juga menyebut rencananya menarik pasukan Amerika tahun depan berjalan sesuai dengan rencana.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan Amerika Serikat membuat kemajuan di Afghanistan, dan rencananya mengenai penarikan pasukan Amerika tahun depan berjalan sesuai dengan rencana.

Dalam wawancara dengan televisi Australia yang ditayangkan hari Kamis, Obama mengatakan, Amerika melihat ada penumpulan momentum Taliban, yang membangun kekuatannya pada tahun sebelum ia mulai menjabat.

Presiden Obama menambahkan, pasukan internasional tidak dapat berada selamanya di Afghanistan, dan bahwa tanggungjawab keamanan perlu dialihkan kepada rakyat Afghanistan.

Obama juga mendukung Presiden Afghanistan Hamid Karzai untuk memimpin negaranya memasuki abad ke-21 ini dan lebih lanjut, untuk menstabilkan Afghanistan.

Presiden Obama mengatakan AS memerlukan mitra yang kuat untuk melucuti Al-Qaida dan jaringan afiliasinya, dan ia mengatakan pemimpin Afghanistan itu memiliki kapasitas untuk menjadi mitra yang kuat. Obama mengatakan, Amerika akan terus menekan Karzai agar menerapkan berbagai perombakan penting.

Pernyataan Obama itu tampaknya dimaksudkan untuk tidak membesar-besarkan komentar kontroversial yang dilontarkan Presiden Karzai, di mana ia menuduh negara-negara Barat berusaha mencurangi pemilihan presiden tahun lalu.

XS
SM
MD
LG