Tautan-tautan Akses

Obama Adakan Pertemuan Bilateral Menjelang KTT Nuklir


Hari Minggu, Obama bertemu dengan PM India dan PM Pakistan, Presiden Kazakhstan serta Presiden Afrika Selatan.

Presiden Amerika Barack Obama mengadakan sejumlah pertemuan bilateral dengan kepala-kepala pemerintahan yang akan hadir dalam pertemuan puncak nuklir yang akan diadakan hari Senin di Washington.

Obama bertemu hari Minggu dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh, Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dan Perdana Menteri Pakistan Yusuf Raza Gilani.

Pertemuan puncak nuklir itu diadakan untuk mengusahakan penghentian penyebaran bahan-bahan yang bisa dibuat senjata nuklir.

India dan Pakistan punya senjata nuklir dan telah terlibat perang tiga kali. Kazakstan dan Afrika Selatan secara sukarela telah menghentikan program senjata nuklir mereka. Kira-kira 50 kepala negara dan kepala pemerintahan akan hadir dalam pertemuan di Washington itu. Tapi, Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu tidak jadi datang karena khawatir program nuklir israel akan dijadikan bahan pembicaraan utama.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bertekad akan mengangkat masalah itu dalam pertemuan karena dunia agaknya bersikap pura-pura tidak tahu tentang senjata nuklir israel.

XS
SM
MD
LG