Tautan-tautan Akses

Iran Akan Adakan KTT Nuklir


Ahmadinejad mengatakan Iran memperkenalkan generasi baru sentrrifugal yang dapat memproses uranium 6 kalii lebih cepat.

Iran Sabtu mengumumkan akan mengadakan KTT perlucutan senjata nuklir internasional , beberapa hari setelah Amerika mengadakan KTT nya juga di Washington.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran, Ramin Mehman-Parast, Sabtu mengumumkan bahwa Teheran akan mengadakan KTT dua hari itu Sabtu mendatang. Dia tidak menyebutkan Negara-negara mana yang menurut rencana akan berpartisipasi.

Kata jurubicara itu, Teheran akan membuka cara baru untuk menghapuskan senjata nuklir.

Jumat kemarin, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan Iran memperkenalkan generasi baru sentrrifugal buatan dalam negeri yang dapat memproses uranium enam kalii lebih cepat daripada generasi-generasi yang sebelumnya, tanpa menghiraukan peringatan internasional agar Iran tidak melanjutkan program nuklirnya yang sensitif.

Pengumuman itu dikeluarkan menandai peringatan Hari Nuklir Nasional Iran.

Amerika akan menjadi tuan rumah para pemimpin dari 47 negar dalam KTT Nuklir dua hari yang menurut rencana akan dibuka Senin mendatang.

Di Washington, juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika P.J. Crowley mengatakan, Amerika menyimpulkan bahwa Iran memiliki maksud jahat dalam menjalankan aktivitas nuklirnya, karena program nuklir untuk tujuan damai tidak memerlukan sentrifugal yang lebih cepat.


XS
SM
MD
LG