Tautan-tautan Akses

Norwegia Ingin Semua Pesawat Jarak Dekat Bertenaga Listrik Tahun 2040


Sebuah pesawat bertenaga surya "Solar Impulse 2" (foto: ilustrasi).

Semua pesawat penumpang jarak dekat Norwegia akan sepenuhnya bertenaga listrik pada tahun 2040, kata operator bandara negara tersebut Rabu (17/1), mempertegas peran Norwegia sebagai pelopor dalam bidang transportasi listrik.

Avinor, operator bandara Norwegia, "ingin menjadi yang pertama di dunia" yang beralih ke transportasi udara bertenaga listrik, kata kepala eksekutif Dag Falk-Petersen kepada AFP.

"Kami pikir semua penerbangan hingga 1,5 jam dapat menggunakan pesawat yang seluruhnya bertenaga listrik," katanya, mencatat bahwa itu akan mencakup semua penerbangan domestik dan penerbangan ke ibukota negara-negara Skandinavia.

Dalam waktu dekat, Avinor berencana untuk meluncurkan tender untuk menguji rute komersial yang diterbangkan dengan pesawat listrik kecil dengan 19 kursi, dimulai pada 2025.

Norwegia, produsen minyak dan gas terbesar di Eropa Barat, anehnya malah menjadi pemimpin dalam bidang transportasi listrik.

Negara ini memiliki lebih banyak mobil listrik dalam hal pangsa pasar dibanding negara-negara lain di dunia, di mana lebih dari setengah mobil baru yang terdaftar pada tahun 2017 adalah kendaraan listrik dan hibrida. Norwegia juga sedang menggarap beberapa proyek kapal listrik. [as]

XS
SM
MD
LG