Tautan-tautan Akses

Nominasi Oscar Diumumkan Selasa ini


Aktor Youn Yuh-jung tiba di perhelatan Oscar yang digelar di Los Angeles, pada 25 April 2021. (Foto: AP/Chriss Pizzello)
Aktor Youn Yuh-jung tiba di perhelatan Oscar yang digelar di Los Angeles, pada 25 April 2021. (Foto: AP/Chriss Pizzello)

Sudah waktunya untuk merayakan kembali ambisi termegah Hollywood dan para pengambil risiko yang paling berani.

Ini bukan mengenai film Jackass Forever, melainkan nominasi ajang Academy Awards tahunan ke-94 akan yang akan diumumkan Selasa (8/2) pagi waktu setempat.

Ajang penghargaan bagi insan perfilman itu pada tahun ini digelar sedikit lebih lambat dari biasanya untuk memberikan jalan bagi pertandingan Olimpiade Musim Dingin. Oscar pada tahun ini akan diadakan pada 27 Maret mendatang.

Untuk tahun kedua berturut-turut, Oscar akan digelar selama pandemi COVID-19. Industri pesta, malam anugerah dengan patung emas kecil yang dikenal sebagai "musim penghargaan" sebagian besar kembali diadakan secara virtual, mengurangi kemeriahan musim penghargaan yang biasanya sibuk. Semarak ajang penghargaan Golden Globes, yang dikenal sebagai ajang pembuka sebelum perhelatan Oscar, jauh berkurang dan tidak ditayangkan pada tahun ini.

Tetapi nominasi Oscar, yang akan diumumkan Selasa mulai pukul 08:18 pagi, Waktu Amerika bagian Timur, atau EST oleh pembawa acara Tracee Ellis Ross dan Leslie Jordan, akan berupaya menarik perhatian pada satu tahun perubahan besar bagi industri perfilman dan gedung-gedung bioskop yang masih berupaya pulih. Nominasi akan disiarkan langsung pada Oscar.com, Oscars.org, akun media sosial akademi dan pada acara Good Morning America jaringan televisi ABC.

Tapi itu bukan satu-satunya hambatan yang dihadapi Academy of Motion Pictures Arts and Sciences. Ajang Oscar pada tahun lalu, yang diadakan pada akhir April di Union Station yang tidak memiliki banyak penonton dan tidak dilangsungkan di tempat biasanya di Dolby Theatre, anjlok ke titik terendah sepanjang masa dengan hanya meraup 9,85 juta penonton.

Bisakah daftar nominasi pada Selasa membendung gelombang penurunan ini? Di antara film-film yang diharapkan sukses adalah film epik sci-fi Dune karya Denis Villeneuve, cerita otobiografi remaja beranjak dewasa dari Kenneth Branagh, Belfast, dan film bergaya gotik barat karya Jane Campion, The Power of the Dog. Sayangnya, Jackass Forever, yang saat ini menjadi nomor satu di box office, harus menunggu sampai tahun depan. [my/jm]

XS
SM
MD
LG