Tautan-tautan Akses

NHK Keluarkan Alarm yang Salah tentang Serangan Nuklir Korut


Gambar pesan peringatan yang salah soal peluncuran rudal dari Korea Utara, yang dikirim oleh lembaga penyiaran publik Jepang, NHK pada layar sebuah telepon genggam di Tokyo, Jepang, 16 Januari 2018.

Satu lagi peringatan salah telah dikeluarkan hari Selasa tentang serangan rudal dari Korea Utara, kali ini di Jepang.

Lembaga penyiaran publik NHK mengirimkan sebuah pesan secara online dan melalui aplikasi ponselnya yang bertuliskan “Korea Utara tampaknya telah meluncurkan rudal” dan mendesak warga agar berlindung di bawah tanah atau di dalam bangunan.

NHK mengeluarkan pesan lain dalam hitungan menit yang mengatakan peringatan tersebut salah.

Warga di kawasan Asia Pasifik berada dalam keadaan tegang terkait uji coba terus menerus yang dilakukan oleh Korea Utara untuk senjata nuklir dan balistik, dan diperparah oleh perang kata-kata antara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Donald Trump.

Kesalahan hari Selasa (16/1) ini terjadi beberapa hari setelah peringatan salah serupa dikeluarkan di negara bagian Hawaii, sehingga memicu kepanikan di antara penduduk sebelum pihak berwenang mengeluarkan koreksi lebih dari 30 menit kemudian.

Gubernur Hawaii David Ige mengatakan pesan yang salah itu tersiar ketika seorang karyawan menekan tombol yang salah dalam perubahan giliran kerja di badan pertahanan sipil di negara bagian itu. [lt]

XS
SM
MD
LG