Tautan-tautan Akses

AS

New York Berlakukan Mandat Vaksin kepada Perusahaan Swasta


Walikota Bill de Blasio mengumumkan mandat vaksin di New York (foto: dok).

Kota New York memberlakukan mandat vaksin virus corona pada semua pengusaha swastanya mulai 27 Desember, demikian pengumuman Walikota Bill de Blasio, Senin (6/12), dalam sebuah keputusan yang akan memengaruhi ribuan pekerja dan akan menjadi langkah yang paling menyeluruh yang berlaku di Amerika. Langkah itu dilakukan kurang dari sebulan sebelum masa jabatannya sebagai walikota berakhir.

De Blasio kepada jaringan televisi MSNBC mengatakan perintahnya diperlukan sebagai langkah pencegahan terhadap virus, dimana wilayah Kota New York telah mengidentifikasi tujuh kasus varian omicron baru yang sangat menular. Mandat tersebut akan mempengaruhi sekitar 184.000 bisnis.

“Kita punya omicron sebagai faktor baru. Kita mengalami cuaca yang lebih dingin, yang benar-benar akan menciptakan tantangan tambahan dengan varian delta. Kita bertemu selama liburan," kata de Blasio kepada jaringan berita itu. “Kita di New York City telah memutuskan untuk menggunakan tindakan pencegahan, melakukan sesuatu yang berani guna menghentikan penyebaran lebih lanjut dari COVID dan bahaya yang ditimbulkannya bagi kita semua.”

Kasus COVID-19 meningkat di New York, dengan departemen kesehatan kota melaporkan rata-rata lebih dari 1.500 kasus baru setiap hari.

“Kota New York tidak akan mundur selangkahpun dalam perang melawan COVID-19. Vaksinasi adalah jalan keluar dari pandemi ini,” kata de Blasio dalam pernyataan terpisah.

De Blasio mengatakan kota itu juga akan mensyaratkan bukti vaksinasi untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun agar bisa makan di dalam ruangan, serta pergi ke tempat hiburan dan tempat kebugaran. Pekan lalu, ia memberlakukan mandat vaksin selambatnya 20 Desember untuk sekolah-sekolah Yahudi, sekolah Katolik dan lembaga pendidikan swasta lainnya di kota, yang berlaku untuk sekitar 930 sekolah dan total memiliki 56.000 karyawan.

Belum jelas bagaimana kota terbesar di AS itu akan menegakkan mandat bagi pekerja swasta atau sekolah, sebuah tugas yang hampir sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab walikota mendatang, Eric Adams mantan perwira polisi kota yang menjabat pada Hari Tahun Baru.

Namun, Walikota de Blasio optimis mandat vaksin itu akan dipatuhi. [my/jm]

XS
SM
MD
LG