Tautan-tautan Akses

Netanyahu Kecam Industri Berita Palsu Israel


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat berbicara di depan pendukung partai Likud di Tel Aviv, (30/8/17)

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengecam tajam media, yang dituduhnya berusaha menjatuhkannya dengan membesar-besarkan penyidikan korupsi terhadap dirinya.

“Industri berita palsu telah mencapai tingkat rekor. Tujuannya adalah memastikan pendakwaan, secara cepat dan dengan cara apapun, terhadap saya,” katanya di depan para pendukungnya hari Rabu.


Pihak berwenang Israel telah menanyai Netanyahu terkait dua kasus korupsi. Satu kasus, yang disebut “File 1000,” kabarnya melibatkan tuduhan bahwa Netanyahu secara tidak layak menerima bingkisan mahal dari para pendukung kaya, termasuk miliarder Australia James Packer dan produser Hollywood Arnon Milchan.

Yang kedua, “File 2000,” kabarnya menyangkut tuduhan mengenai upaya Netanyahu mencapai kesepakatan dengan penerbit grup harian Yediot Ahronot, Arnon Mozes, untuk mendorong legislasi guna melemahkan saingan-saingan utama Yediot dengan imbalan peliputan berita menguntungkan Netanyahu oleh Yediot.

Netanyahu membantah melakukan kesalahan apapun namun dilaporkan bahwa tekanan semakin kuat sejak seorang mantan kepala staf sepakat menjadi saksi negara. [ds]

XS
SM
MD
LG