Tautan-tautan Akses

Negara-negara Dukung Perbaikan Pasukan Perdamaian PBB


Sekjen PBB Antonio Guterres berbicara dalam sidang Dewan Keamanan PBB untuk membahas operasi pasukan pemelihara perdamaian PBB, di New York, 20 September 2017.

Sebanyak 145 negara, Selasa (25/9), menyetujui rencana kerja untuk memperkuat dan membantu 100 ribu pasukan pemelihara perdamaian PBB menyesuaikan diri dengan lingkungan yang terus berubah dan menantang.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengungkapkan dalam pertemuan tingkat tinggi mengenai pasukan pemelihara perdamaian bahwa mereka dihadapkan pada konflik yang bertambah kompleks, dengan berbagai situasi buruk, proses politik yang macet, terorisme serta kejahatan terorganisasi.

Namun, kata Guterres, ia juga memahami pasukan itu menghadapi perubahan yang semakin fundamental, tegasnya jurang antara aspirasi, dan realitas.

Sejak pertama kali ditugaskan di Timur Tengah pada 1948 untuk memantau gencatan senjata antara Israel dan negara-negara Arab tetangganya, pasukan ini sudah dikerahkan untuk melakukan 70 misi di seluruh dunia. [al]

XS
SM
MD
LG