Tautan-tautan Akses

Negara-Negara Arab Desak Qatar Terima Enam Prinsip


Menhan Turki, Fikri Isik, kanan, berjabatan tangan dengan rekannya dari Qatar, Khalid bin Mohammed al-Attiyah, kiri sebelum memulai pertemuan di Ankara, Turki, Jum’at, 30 Juni 2017 (foto: Kementrian Pertahanan via AP, Pool)

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir yang memutuskan hubungan dengan Qatar, mendesak Qatar menerima enam prinsip dalam memerangi ekstremisme dan terorisme, dan bersedia merundingkan langkah-langkah tertentu dalam melaksanakannya, langkah yang bisa melahirkan penyelesaian awal bagi krisis hubungan mereka.

Hubungan diplomatik antara ke-empatnya dengan Qatar terjadi sejak awal Juni karena Qatar dituduh mendukung kelompok-kelompok teroris – tuduhan yang dibantah Qatar. Semula ke-empatnya mengajukan 13 tuntutan yang juga ditolak Qatar.

Dutabesar Arab Saudi untuk PBB, Abdallah Al Mouallimi mengatakan kepada wartawan hari Selasa bahwa ke empat negara Arab berpegang teguh pada ke-enam prinsip yang disepakati para menteri luar negeri mereka dalam pertemuan di Kairo tanggal 5 Juli dan berharap Qatar menerima prinsip itu. [ps/al]

XS
SM
MD
LG