Tautan-tautan Akses

Menlu Emirat: Krisis Qatar dan Tetangganya Dapat Berkepanjangan


Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Anwar Gargash tiba untuk memberikan keterangan kepada media dalam konferensi pers di Dubai, 24 Juni 2017.

Menteri Luar Negeri Emirat mengingatkan bahwa konfrontasi diplomatik antara Qatar dan tetangga-tetangganya dapat berkepanjangan.

Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab, Anwar Gargash, mengatakan negara-negara tersebut sedang menuju pertentangan jangka panjang dan bahwa krisis itu “jauh dari penyelesaian politik.” Ia merilis tanggapannya melalui Twitter hari Jumat (14/7).

Sengketa antara Qatar, di satu pihak, dan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir di pihak lain pecah lebih dari sebulan lalu. Sebelumnya pekan ini, Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson berada di Teluk, bertemu secara terpisah dengan para pejabat di kawasan itu dalam usaha untuk menemukan penyelesaian pertentangan itu.

Kelompok 4-negara Arab tadi menuduh Qatar mengganggu keamanan kawasan dengan mendukung kelompok-kelompok oposisi Islamis dan ektremis. Qatar membantah tuduhan tersebut. [gp]

XS
SM
MD
LG