Tautan-tautan Akses

Negara Bagian Ohio Ganti Bus Pengangkut Narapidana


Lapas untuk narapidana yang berisiko tinggi di Youngstown, Ohio (foto: ilustrasi).
Lapas untuk narapidana yang berisiko tinggi di Youngstown, Ohio (foto: ilustrasi).

Negara bagian Ohio sedang mengganti beberapa bus pengangkut tahanan dan narapidana, dengan bus-bus baru yang dilengkapi kamera-kamera pemantau dan bilik-bilik khusus, kata juru bicara penjara.

Petugas hanya akan mengangkut narapidana yang termasuk dalam tiga tingkat risiko, dan hanya akan membawa satu orang narapidana dalam bus kalau orang itu dianggap bisa menimbulkan “risiko luar biasa.”

Perubahan peraturan itu diambil setelah seorang napi mati dicekik dengan rantai oleh napi lainnya ketika mereka sedang dipindahkan dari satu penjara ke penjara lain tahun 2017.

Pembunuhan itu dilakukan oleh napi Casey Pigge yang kemudian dijatuhi hukuman penjara tambahan 25 tahun. Pigge sebelumnya telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena membunuh sesama napi tahun 2016, dan dihukum 30 tahun karena menggorok leher ibu pacarnya tahun 2008.

Selain bilik-bilik khusus dan kamera pemantau, bus penjara itu juga dilengkapi dengan alat pemantau GPS supaya bisa diketahui keberadaannya setiap waktu. [ii/ps]

XS
SM
MD
LG