Tautan-tautan Akses

AS

Negara bagian Maine Sahkan Ganja


Pemilih di Maine untuk mengesahkan kepemilikan ganja dan penanaman ganja di rumah tangga menjadi legal (foto: ilustrasi).

Hari Senin (30/1) ini ganja sudah menjadi legal di negara bagian Maine, AS. Hasil nyata pertama dari keputusan pemilih di Maine untuk mengesahkan ganja dirasakan sewaktu kepemilikan ganja dan penanaman ganja di rumah tangga menjadi legal. Pemilih meloloskan referendum ganja ini pada pemilihan November, dan masa tunggu antara hasil pemilihan itu dan pengesahan hukumnya telah berakhir.

Perdebatan tetap berlangsung, termasuk aturan apa yang mengatur bisnis yang akan menjual ganja, seperti toko eceran dan kelab sosial. Penyusun UU telah mengeluarkan rincian aturan, dan mereka akan butuh waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikannya, dan itu berarti masih beberapa bulan lagi sebelum bisnis ganja dibuka di Maine.

Tetapi menghisap ganja sudah diperbolehkan pada Senin. Juga memberi, menanam, serta memiliki ganja sampai 70 gram.

Negara bagian Massachusetts, California dan Nevada telah mengesahkan ganja untuk rekreasi lewat sebuah referendum tahun lalu.

Maine sejak lama sudah menjalankan program ganja untuk tujuan pengobatan dan pendukung ganja untuk rekreasi berjanji perjuangan mereka bagi legalisasi ganja secara lebih luas tidak akan mengubah aturan itu. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG