Tautan-tautan Akses

AS

Negara Bagian Krusial Siap Adakan Debat Calon Presiden AS


Debat pertama Presiden Donald Trump dengan mantan Wakil Presiden Joe Biden dari akan berlangsung Selasa (29/9) di Cleveland, Ohio.

Debat presiden pertama yang mempertemukan Presiden Donald Trump dengan mantan Wakil Presiden Joe Biden dari Partai Demokrat akan berlangsung Selasa di Cleveland, Ohio. Debat ini adalah yang pertama dari tiga perdebatan di mana keduanya akan berhadapan secara langsung. Kampanye pemilu berlangsung ketat, baik secara nasional maupun di Ohio, negara bagian penting di mana kekuatan kedua kandidat itu berimbang, dan opini pemilih tentang kedua kandidat sangat berbeda di antara warganya.

Bendera kampanye Trump, yang merupakan simbol pilihan politik, berkibar di halaman Dolores Gentile, seorang warga di Ohio. Mengenai pemasangan bendera itu, Dolores sempat ragu. “Saya berdebat apakah akan memasangnya atau tidak karena saya takut jadi sasaran penembakan, dan kemudian saya berpikir, saya tidak boleh hidup dalam ketakutan,” katanya.

Tetapi, di seberang jalan dari rumah Dolores Gentile, tinggal seorang pendukung Biden yang telah menjadi tetangga dan teman dekatnya selama 44 tahun. Kepada VOA, tetangga itu, Patty Lucci, menyatakan pendapatnya. “Siapa pun yang akan menang perlu memimpin kami. Dia harus bersikap baik, pintar, dan demokratis,” ujarnya.

Ohio adalah negara bagian yang krusial dalam pemilihan Presiden – sejauh ini belum pernah ada calon Partai Republik yang memenangkan pemilihan presiden tanpa memenangkan Ohio. Presiden Trump memenangkan negara bagian itu dengan selisih 8 poin pada 2016. Tetapi, tahun ini jajak pendapat hanya menunjukkan beberapa poin yang memisahkannya dari penantang Demokrat Joe Biden, sementara tetangga – dan terkadang anggota keluarga – memiliki kesetiaan yang brbeda, seperti disampaikan oleh Patty Lucci, pendukung Biden.

“Separuh anak-anak saya adalah pendukung Trump. Jadi, kami tidak mengundang mereka lagi (tertawa). Kami mengatakan kami tidak akan berbicara tentang politik lagi, tapi kemudian kami membicarakannya, dan kemudian kami menghentikannya,” imbuhnya.

Di seluruh negeri, polarisasi pendukung Trump dan Biden bisa sangat memengaruhi keluarga. Joe White dari Case Western Reserve University adalah guru besar ilmu politik dan kepresidenan Amerika.

“Orang Republik lebih kesal tentang kemungkinan anak mereka menikahi orang sesama jenis kelamin, atau transgender. Orang Demokrat jauh lebih kesal jika anak mereka menikah dengan seorang Republik,” tukas White.

Pendukung Biden, Patty Lucci, mengatakan tentang pemasangan dekorasi pampanye di depan rumahnya. “Saya akan memasang roda dan memasang tulisan ‘Ridin’ dengan Biden' juga. Saya akan mendekorasi seluruh halaman depan saya.”

Sementara itu, pendukung Trump, Dolores Gentile, menanggapi dengan bergurau. “Bagaimana dengan ‘Hidin’ with Biden’?”

Dolores Gentile mengatakan persahabatannya dengan Patty Lucci jauh lebih penting daripada politik. “Saya suka Trump, mereka suka Biden. Terus? Salah satunya akan menang.”

Debat Presiden pertama pada hari Selasa di Case Western Reserve University – tidak jauh dari rumah Patty dan Dolores – diperkirakan akan berlangsung sengit, seperti disampaikan oleh Profesor Joseph White. “Wakil Presiden Biden mungkin akan berhati-hati. Tetapi, dia juga ingin bisa membuat Trump terlihat seburuk mungkin, yang kemungkinan terselenggara lewat memancing Trump.”

Tempat perdebatan di Cleveland ini menunggu kedua kontestan itu membahas posisi mereka masing-masing, termasuk mengenai Mahkamah Agung, pandemi virus corona, keamanan pemilu, dan ekonomi.

Topik lain adalah protes keadilan rasial yang terkadang memicu kerusuhan dan penjarahan, yang membuat Dolores Gentile mendukung Presiden Trump. “Itu sebabnya saya memilih Presiden Trump, karena Partai Demokrat belum mengutuk semua ini.”

Sementara pendukung Biden, Patty Lucci menimpalinya. “Saya hanya berpikir Trump kejam, dan itulah yang membuat saya kesal. Saya pikir dia mengatakan hal-hal yang sangat kejam, dan dia mengolok-olok orang.”

Sebuah jajak pendapat baru menunjukkan dua dari tiga pemilih Ohio setuju bahwa politik telah menegangkan hubungan antara keluarga dan teman. Banyak yang mengatakan mereka mengatasinya dengan menghindari pembicaraan tentang pemilihan. Sebaliknya, mereka akan menyerahkan polemik dan perdebatan isu-isu politik kepada kedua kandidat itu pada hari Selasa ini di panggung yang telah disiapkan di Case Western Reserve University di Ohio. [lt/jm]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG