Tautan-tautan Akses

NATO Setuju Naikkan Anggaran Pertahanan


Presiden AS Donald Trump memberi isyarat saat para pemimpin negara anggota NATO bersiap untuk foto bersama pada permulaan pertemuan puncak NATO di Brussels, Belgia, 11 Juli 2018.

Para pemimpin negara anggota NATO mengatakan, Rabu (11/7), mereka sudah sepakat menaikkan anggaran pertananan mereka.

“Kami berkomitmen untuk memperbaiki perimbangan dalam pembagian biaya serta tanggung jawab keanggotaan dalam NATO” kata persekutuan militer itu dalam pernyataan.

Pengumuman itu dikeluarkan hanya beberapa jam setelah Presiden AS Donald Trump mengulangi kecamannya terhadap NATO karena tidak menyumbang anggaran yang lebih besar dalam mempertahankan aliansi 29 negara yang sudah berumur 70 tahun itu.

NATO juga mendesak para pemimpin dunia agar tetap ‘melakukan tekanan yang menentukan’ terhadap Korea Utara termasuk penerapan sepenuhnya semua sanksi PBB supaya Pyongyang melenyapkan senjata nuklir, kimia dan biologinya. Selain itu NATO juga mengulangi dukungannya pada denuklirisasi semenanjung Korea.

Di bagian lain, NATO mengungkapkan kecemasan melihat meningkatnya percobaan misil oleh Iran dan berkomitmen untuk memastikan bahwa program nuklir Iran tetap untuk tujuan damai.

Kemudian NATO juga mengemukakan kekhawatiran akan tindakan Rusia akhir-akhir ini termasuk meracun bekas mata-mata Rusia di Inggris. Semua perbuatan Rusia itu, dikatakan, telah mengurangi stabilitas dan keamanan. [al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG