Tautan-tautan Akses

NASA Bantu Upaya Penyelamatan Penambang Chili


Ahli NASA akan memberikan masukan untuk menjaga kesehatan ke-33 penambang Chili yang masih terkurung di pertambangan bawah tanah.

Badan Antariksa Amerika (NASA) akan turun tangan dalam penyelamatan para penambang Chili yang terjebak, dengan mengirim para ahlinya ke lokasi hari ini. Ahli NASA akan memberikan masukan untuk menjaga kesehatan ke-33 penambang Chili yang masih terkurung di pertambangan bawah tanah tersebut.

Demikian menurut petugas medis NASA, Michael Duncan, pada hari Minggu. Ia mengatakan NASA memiliki banyak pengalaman berurusan dengan lingkungan yang terisolasi, terutama di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Ia mengatakan NASA menyiapkan rencana cadangan untuk keadaan darurat, yang dapat diterapkan untuk membantu para penambang Chili.

Beberapa dari penambang tersebut mengalami depresi setelah terperangkap 700 meter di bawah tanah selama tiga pekan.

Pada hari Senin, para petugas penolong diharapkan akan memulai pengeboran terowongan penyelamatan. Para penambang akan ditarik keluar dari dalam tambang melalui terowongan tersebut. Tapi, upaya pembebasan ini bisa memakan waktu hingga empat bulan. Walaupun begitu, para ahli pertambangan mengatakan bahwa dalam kondisi ideal, sebuah terowongan penyelamatan alternatif bisa diselesaikan dalam waktu dua bulan.

XS
SM
MD
LG