Tautan-tautan Akses

Naomi Campbell Terima 'Berlian Berdarah'


Dalam sebuah persidangan kejahatan perang, Campbell mengaku pernah menerima batu-batu berlian yang diduga sebagai 'blood diamond.'

Supermodel Inggris Naomi Campbell memberikan kesaksian di Pengadilan Kejahatan Internasional di Den Haag dalam kasus kejahatan perang mantan Presiden Liberia Charles Taylor. Dalam persidangan, ia mengaku pernah menerima batu-batu berlian dari Taylor.

Berlian tersebut diduga sebagai "berlian berdarah" (blood diamond). Blood diamond adalah sebutan yang digunakan untuk menggambarkan permata yang ditambang dan dijual untuk mendanai konflik bersenjata. Taylor diduga menerima imbalan berlian tersebut atas suplai senjata olehnya bagi perang saudara di Sierra Leone. Taylor diduga memberi berlian tersebut kepada Campbell, setelah bertemu dengan Campbell pada acara makan malam tahun 1997 di Afrika Selatan yang dijamu Nelson Mandela.

Dalam kesaksiannya, Campbell mengatakan batu-batu berlian tersebut diberikan kepadanya oleh beberapa orang laki-laki setelah acara makan malam, tetapi mereka tidak mengatakan kepadanya secara spesifik bahwa hadiah itu dari Taylor.

Sebelum kesaksian pada hari Kamis di pengadilan di Den Haag itu, Campbel membantah pernah menerima berlian setelah bertemu dengan Taylor. Seorang bekas agen Campbell, Carole White, dan aktris Mia Farrow mengatakan mereka memiliki informasi mengenai hadiah ini. Keduanya secara sukarela telah setuju untuk memberikan kesaksian pada hari Senin.

XS
SM
MD
LG