Tautan-tautan Akses

Muslim di Kurdi Irak Rayakan Ramadan Secara Tradisional


Kota Sulaymaniyah, Irak. (Foto: dok.)
Kota Sulaymaniyah, Irak. (Foto: dok.)

Aturan puasa selama bulan Ramadan sudah jelas: tidak makan dan minum sejak matahari terbit hingga matahari terbenam. Berbuka puasa pada tiap budaya berbeda-beda. Bagaimana budaya berbuka puasa di kota Sulaymaniyah di kawasan Kurdi-Irak?

Bagi umat Muslim di seluruh dunia, bulan suci Ramadan adalah waktu untuk berpuasa dan berdoa.

Di Sulaymaniyah, warga Muslim menyambut Ramadan dengan semangat dan sebagian diantara mereka menghabiskan waktu di masjid sepanjang hari untuk sholat dan membaca Al Qur’an. Termasuk Seyid Kemal, imam di masjid ini.

"Menurut Nabi Muhammad SAW, merupakan kewajiban untuk berpuasa selama bulan Ramadan, kecuali setelah matahari terbenam. Inilah saat Muslim untuk berdoa. Siapapun yang berpuasa di bulan Ramadan berharap mendapat pengampunan dari Allah SWT. Tuhan akan mengampuni seluruh dosa-dosa mereka, seberapa besar pun dosa tersebut," kata Kemal.

Zakat juga meningkat selama bulan Ramadan karena diyakini pahala dari setiap perbuatan pada bulan suci ini akan dilipatgandakan.

"Orang-orang kaya memberikan zakat mereka pada bulan Ramadan. Warga Muslim pada umumnya sedianya memang menyumbang uang untuk pada akhir bulan Ramadan. Di satu sisi mereka akan diberi hadiah karena melakukan sesuatu yang baik, di sisi lain orang-orang yang berpuasa membutuhkan bertambah banyak makanan dan minuman pada bulan ini. Itulah sebabnya orang-orang kaya membantu yang miskin," tambahnya.

Mereka yang menghabiskan waktu untuk sholat di masjid-masjid di Sulaymaniyah mengatakan mereka merasakan ketenangan dan kedamaian selama Ramadan.

Wahid, presiden Sulaymaniyah mengatakan, “Ini adalah bulan di mana Al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Ini adalah bulan di mana perang dan konflik dilarang. Bulan ini khusus untuk Tuhan. Warga Muslim harus mengikuti apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW."

Jutaan warga Muslim merayakan Idul Fitri setelah Ramadan, tetapi banyak yang berharap perbuatan baik selama Ramadan dapat terus dilanjutkan sepanjang sisa tahun ini. [em/al]

XS
SM
MD
LG