Tautan-tautan Akses

Musisi R&B Legendaris, James Ingram, Tutup Usia


James Ingram saat tampil di panggung Java Jazz, Jakarta, 7 Maret 2008. (Foto: dok).
James Ingram saat tampil di panggung Java Jazz, Jakarta, 7 Maret 2008. (Foto: dok).

Musisi R&B legendaris James Ingram meninggal dunia pada usia 66 tahun, Selasa (29/1). Berita kematiannya, menurut AFP, dikukuhkan dua sahabatnya, Debbie Allen dan Brian Mcknight, di media sosial.

"Saya telah kehilangan sahabat tersayang sekaligus rekan kreatif di Celestial Choir. Dia akan selalu disayangi, dicintai, dan diingat karena kegeniusannya dan cintanya pada keluarga dan sesama," ungkap Allen dalam akun Twitter-nya.

Quincy Jones, rekan baik Inggram, juga mengungkapkan rasa dukanya di media sosial. Ia menulis, “Tidak ada kata yang dapat mengungkapkan kepedihan hati saya saat mendengar berita kepergian saudara saya, James Ingram. Dengan suara yang menggetarkan jiwa itu, James adalah keajaiban. Dia tidak ada tandingannya. Beristirahatlah dalam damai, saudaraku. Kau ada di hatiku selamanya," demikian ia menulis.

Sejauh ini, medi-media di Amerika belum mengetahui apa penyebab kematiannya. Namun gosip yang beredar menyebutkan, ia meninggal dunia karena kanker otak.

Ingram memulai kariernya dengan bergabung bersama band Revelation Funk. Musisi asal Ohio itu juga pernah menjadi pianis untuk musikus soul Ray Charles.

Popularitasnya memuncak saat ia ikut menyanyikan lagu Just Once dan Once Hundred Waysdalam album The Dude milik musisi R&B legendaris, Quincy Jones.

Ingram juga dikenal menulis lagu. Ia bahkan pernah menyumbang lagu untuk Raja Musik Pop Michael Jackson, yakni Pretty Young Thing.

Musisi kelahiran 16 Februari tersebut juga pernah menjadi pengisi suara lagu latar berjudul "Somewhere Out There" bersama Linda Ronstadt untuk film animasi "An American Tail" pada 1986. [ab]

XS
SM
MD
LG