Tautan-tautan Akses

Musik Mariachi di Los Angeles


ARSIP - Anggota band mariachi memainkan musiknya sementara balon-balon beterbangan pada acara ulangtahun berdirinya Kota Guadalajara yang ke-464 (14/2/2006). Katedral Guadalajara tampak di latar belakang. (foto: AP Photo/Guillermo Arias)

Selama hampir satu abad, mariachi telah membuat terobosan di Los Angeles dan di kota-kota Amerika lainnya di mana terdapat populasi masyarakat Meksiko yang besar.

Selama lebih dari 80 tahun, pemusik mariachi tradisional Meksiko setiap hari berkumpul di Mariachi Plaza, Los Angeles, menunggu pelanggan yang ingin menyewa mereka untuk berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun dan bahkan Thanksgiving.

"Saya lahir di Oaxaca dan berimigrasi ke sini enam belas tahun lalu .... Menjadi Mariachi membantu saya menentukan identitas saya di negara ini, dimana saya pada awalnya merasa kesepian, jauh dari sanak-saudara."

Tempat yang indah ini, terilhami oleh Plaza Garibaldi, di Mexico City, memberi warna di kota ini. Ini adalah kawasan Boyle Heights, di pusat kota Los Angeles, di mana sekitar 85% penduduknya keturunan Hispanik. Identitas musik di bagian kota ini diperkuat dengan toko-toko, sekolah musik, penjahit dan semua jenis usaha yang berkaitan dengan musik jenis itu. Noel Jaramillo mempunyai toko musik di kawasan itu.

"Para pemusik mariachi mengadopsi Boyle Heights sebagai monumen nasional musik, terutama Mariachi Plaza. Banyak pemusik mariachi tinggal di sini di Boyle Heights," ujar Noel Jaramillo pemilik toko musik La Tienda Del Musico.

Penjahit Jorge Tello telah membuat pakaian mariachi selama lebih dari tiga puluh tahun. Dia menjelaskan bagaimana musik ini masuk dan menjadi bagian dari budaya Amerika.

"Banyak pemukim pertama mariachi sudah meninggal. Seiring berjalannya waktu, konsulat Meksiko dan Gubernur Jalisco (negara bagian Meksiko di mana Mariachi berasal) menyumbangkan kios yang sekarang terdapat Mariachi Plaza," ujar Jorge Tello.

Sebuah kostum mariachi berharga sekitar 500 dollar. Kostum yang dibuat oleh Tello sangat populer sampai-sampai ia mendapat pesanan lewat Facebook.

“Orang meminta kami tampil dari seluruh dunia sejak UNESCO menyatakan musik mariachi sebagai musik warisan manusia. Musik mariachi bukan milik bangsa Meksiko lagi, tetapi milik dunia,” papar Jorge Tello.

Bagi Manuel, keragaman internasional di Mariachi Plaza meningkatkan budaya mariachi.

"Di sini sangat berbeda dengan Meksiko, karena di Meksiko setiap daerah memiliki gaya musik sendiri dan di sini kami menggabungkan semuanya. Ini bagus, karena kita belajar dari semua pemusik yang berasal dari berbagai wilayah Meksiko,” ujar Manuel. [ps/isa]

XS
SM
MD
LG