Tautan-tautan Akses

Museum Antariksa AS siap Sambut Pengunjung untuk Saksikan Gerhana Matahari


Museum antariksa nasional AS akan membagi-bagikan kacamata surya dan menawarkan petunjuk terperinci untuk mengamati gerhana matahari secara aman. (Foto: ilustrasi).

Kegembiraan meningkat di seluruh Amerika terkait gerhana yang akan datang. Meskipun hanya sebagian kecil Amerika yang akan mengalami gerhana total, untuk pertama kalinya dalam satu abad, 50 negara bagian berkesempatan menyaksikan setidaknya sebagian gerhana.

Ini adalah kesempatan yang ditunggu-tunggu warga Amerika dengan suka cita. Genevieve De Messieres dari Museum Antariksa Nasional mengatakan, "Saya bersiap-siap selama lebih dari satu tahun dan sangat menantikan tanggal 21 Agustus."

Genevieve de Messieres menyebut gerhana matahari bulan ini merupakan fenomena yang menakjubkan, bahkan lebih istimewa karena akan bisa dilihat dari satu pantai Amerika Serikat ke yang lain. Ini belum pernah terjadi dalam 99 tahun.

Tapi hanya lebih dari seluas 110 kilometer melalui 14 negara bagian yang akan mengalami gerhana total, di mana matahari akan benar-benar tertutup bulan. Sisanya akan menyaksikan gerhana sebagian.

Di Washington, DC, orang-orang akan melihat sekitar 80 persen dari gerhana itu. Tapi museum ini sedang menyiapkan lokasi untuk menambah pengalaman menyaksikan gerhana.

Genevieve De Messieres mengatakan, "Kami akan menyediakan presentasi dan aktivitas khusus, misalnya kerajinan tangan yang bisa dilakukan mengenai pemandangan gerhana dan kami akan menyiapkan teleskop teleskopik yang aman."

Bagi mereka yang tidak bisa ke lokasi teleskop, museum ini membagi-bagikan kacamata surya dan menawarkan petunjuk terperinci untuk mengamati secara aman.

"Agar aman menggunakan kacamata, kenakan kaca terlebih dulu baru melihat matahari. Tapi yang penting adalah begitu selesai menyaksikan gerhana, lihatlah ke bawah sebelum melepas kacamata, jika tidak maka kita akan melihat langsung matahari dan akan membuat mata sakit," pesannya.

Situs web museum memuat panduan tentang cara untuk mengamati gerhana dengan aman tanpa kacamata khusus atau teleskop - seperti membuat lubang di selembar kertas, yang bisa digunakan untuk memantulkan perubahan matahari,sementara pelan-pelan tertutup bulan.

Ribuan orang diperkirakan akan mengunjungi museum observatorium umum pada 21 Agustus untuk menyaksikan pertunjukan alam - seperti Bumi, Bulan dan Matahari sejajar dengan Bulan bergerak antara Matahari dan Bumi. [my/jm]

XS
SM
MD
LG