Tautan-tautan Akses

Murid Sekolah Perempuan Nigeria yang Diculik Boko Haram Melarikan Diri


FILE - Murid-murid perempuan sekolah Chibok, yang baru saja dibebaskan dari penculikan kelompok ekstremis Nigeria,di Abuja, Nigeria. May 8, 2017.

Seorang lagi murid perempuan Nigeria yang diculik oleh Boko Haram dua tahun lalu melarikan diri dari penculiknya.

Seorang juru bicara Presiden Muhammadu Buhari tidak memberikan rincian pada hari Rabu, tetapi mengatakan tentara Nigeria menemukannya dan membawanya ke Ibukota.

Anak perempuan yang diculik itu melarikan diri dua pekan lalu setelah Boko Haram membebaskan 82 anak perempuan lainnya dalam tukar menukar tahanan dengan pemerintah. Mereka diharapkan bisa dipertemukan kembali dengan keluarga mereka dalam beberapa hari mendatang.

Kelompok Islamis menculik 276 anak perempuan dari asrama mereka di Chibok tahun 2014, yang membuat marah banyak orang di seluruh dunia.

Dua puluh satu anak lainnya dibebaskan bulan Oktober sementara beberapa lainnya lagi telah dilepaskan satu persatu secara terpisah atau melarikan diri.Lebih dari 100 anak perempuan masih ditahan.

Boko Haram telah membunuh ribuan orang dalam kampanye teroris selama 8 tahun untuk mengubah Nigeria utara menjadi negara Islam yang konservatif.

Para pejabat Nigeria mengatakan yakin kelompok militan menculik anak-anak perempuan itu untuk menakut-nakuti warga sipil agar tidak melakukan perlawanan. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG