Tautan-tautan Akses

Mogok Kerja Tolak Reformasi Pensiun Melumpuhkan Perancis


Para demonstran berkumpul di lapangan La Bastille dalam unjuk rasa menolak reformasi sistem pensiun nasional, Paris, 17 Desember 2019.

Memasuki hari ke-13 demo menentang rencana Presiden Perancis Emmanuel Macron untuk merombak sistem pensiun nasional, ratusan ribu pekerja sektor publik berpawai di Paris dan di kota-kota besar Perancis lainnya pada Selasa (17/12).

Pekerja dari serikat CGT memutus aliran listrik ke hampir 100 ribu rumah dan kantor di beberapa kota. Para pekerja di Menara Eiffel mogok. Akibatnya, para pengunjung batal mendatangi tempat wisata itu. Pekerja rumah sakit, pengacara, guru, dan malahan anggota Opera Paris bergabung dengan pemogokan pekerja ini sehingga menyebabkan Perancis lumpuh total.

Kementerian Dalam Negeri menaksir sekitar 650 ribu orang turun ke jalan-jalan di Paris. Pemerintah Perancis bertekad untuk mereformasi sistem pensiun.

“Penentangan demokratik dan serikat pekerja terhadap proyek kami sah. Tetapi kami sudah menyatakan bahwa proyek kami, dan pemerintahan saya bertekad penuh, mereformasi sistem pensiun serta menyeimbangkan anggaran sistem pensiun,” demikian kata Perdana Menteri Edouard Phillipe kepada parlemen.

Pemerintahan Macron berusaha merombak program-program pensiun yang berjumlah lebih dari 40 dan menjadikannya sebuah sistem universal tunggal untuk setiap warganegara. [jm/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG