Tautan-tautan Akses

Aksi Mogok Terkait Reformasi Pensiun Berlanjut di Perancis


Suasana di stasiun Gare Saint Lazare, Paris, Perancis, Senin, 16 Desember 2019.

Aksi mogok transportasi di Perancis, hari ini, Senin (16/12) memasuki hari ke-12. Aksi itu telah melumpuhkan Paris karena hampir semua jalur kererta bawah tanah tutup dan hanya beberapa kereta yang beroperasi. Aksi itu juga mengacaukan layanan kereta dan lalu lintas udara domestik dan internasional.

Menteri Lingkungan Perancis Elisabeth Born mengatakan kepada televisi France 2, aksi mogok itu bisa mengacaukan rencana liburan banyak orang. Ia juga mengatakan, sungguh tidak bertanggung jawab bahwa para pemimpin serikat buruh menggalang aksi itu untuk merusak musim liburan.

Operator kereta SNCF memperingatkan, layanan kereta tidak akan kembali normal sebelum natal jika aksi mogok itu tidak segera berakhir.

Suasana di stasiun kereta api Gare Saint Lazare, Paris, Perancis, Senin, 16 Desember 2019.
Suasana di stasiun kereta api Gare Saint Lazare, Paris, Perancis, Senin, 16 Desember 2019.

Aksi mogok itu merupakan protes terhadap rencana pemerintah untuk merombak lebih dari 40 sistem pensiun menjadi satu sistem yang bersifat universal.

Perombakan itu akan meningkatkan usia pensiun dari 62 menjadi 64. Pensiun akan didasarkan pada pendapatan pekerja sepanjang karir kerja mereka, berbeda dengan sistem yang berlaku sekarang yang mendasarkan besar uang pensiun pada pendapatan terbesar pekerja.

PM Edouard Philippe mengatakan, perubahan itu akan menjamin keadilan dan keberlanjutan sistem pensiun dalam menghadapi pertambahan penduduk.

Serikat-serikat buruh merencanakan demonstrasi massal Selasa besok (17/12). [ab/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG