Tautan-tautan Akses

Modi Dukung Negara Palestina Independen


Presiden Palestina Mahmoud Abbas, kanan, memberikan medali kehormatan kepada Perdana Menteri India Narendra Modi dalam kunjungan ke market Otoritas Palestinian di Ramallah, kota di Jalur Barat, 10 Februari 2018.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyatakan dukungan atas Negara Palestina yang independen dan berharap pulihnya perdamaian di kawasan itu ketika berkunjung ke Ramallah.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyerukan pada India supaya mendukung usaha multinegara untuk membantu perundingan damai Israel-Palestina di masa depan.

Kunjungan Modi selama tiga jam, sabtu (10/2), ke Ramallah adalah kunjungan pertama yang dilakukan seorang Perdana Menteri India. Kunjungan itu dianggap sebagai usaha India untuk mengimbangi hubungannya yang makin membaik dengan Israel.

Abbas mengatakan, Palestina siap mengadakan dialog dengan Israel, dan mengharapkan dukungan India dalam mendorong perundingan damai selanjutnya. “Pembentukan mekanisme multilateral lewat konvensi perdamaian internasional adalah cara terbaik untuk menengahi perundingan seperti itu,” kata dia menambahkan.

Setelah Presiden Amerika Donald Trump mengakui Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel akhir tahun lalu, Abbas berusaha mencari dukungan internasional agar sejumlah negara Eropa dan Timur Tengah bisa dilibatkan sebagai mediator antara Palestina dan Israe. Namun sejauh ini belum ada negara yang memberikan komitmen.

Setelah mengadakan perundingan dengan Abbas, Modi mengatakan ia telah memberikan jaminan kepada pemimpin Palestina itu bahwa “India terikat janji akan mengurus kepentingan rakyat Palestina, dan India berharap Palestina bisa menjadi negara yang bebas dengan cara-cara damai.” [ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG