Tautan-tautan Akses

Mobil Tabrak Kerumunan Warga di Australia, 2 Pria Ditahan


Dalam foto yang diambil dari video Australian Broadcasting Corp., kendaraan SUV berwarna putih dihentikan setelah diduga menabrak pejalan kaki di Melbourne, Australia, 21 Desember 2017.

Sebanyak 19 orang terluka setelah sebuah mobil menabrak kerumunan pejalan kaki di Melbourne, Kamis (21/12).

Pengendara mobil dan seorang pria lainnya ditahan di tempat kejadian perkara, setelah kendaraanya menabrak tiang sinyal di luar sebuah perhentian kereta gantung. Polisi mengatakan insiden tersebut "perbuatan yang disengaja", namun tidak secara resmi menyatakan sebagai tindakan terorisme.

Insiden terjadi di jalan utama di pusat Kota Melbourne, pada saat para pengunjung sedang berbelanja keperluan natal. Seorang saksi mengatakan kepada sebuah stasiun radio Melbourne bahwa dia melihat "orang-orang terlempar ke segala penjuru", ketika mobil jenis sport utility vehicle (SUV) menyeruduk ke tengah kerumunan.

Polisi dan petugas gawat darurat tiba di lokasi kejadian insiden mobil di Flinders Street, terlihat dari Swanson Street, di Melbourne, Australia, 21 Desember 2017.
Polisi dan petugas gawat darurat tiba di lokasi kejadian insiden mobil di Flinders Street, terlihat dari Swanson Street, di Melbourne, Australia, 21 Desember 2017.

Motif insiden itu belum jelas. Sky News Australia melaporkan pengemudi mobil SUV Suzuki bergulat dengan petugas dan akhirnya berhasil diborgol setelah mobilnya menabrak sebuah tonggak, di sebelah perhentian kereta gantung.

Komandan Russel Barret dari kepolisian Victoria mengatakan meski motif insiden tersebut belum jelas, "pada tahap ini kami percaya bahwa itu adalah perbuatan yang disengaja."

Setidaknya 12 orang telah dirawat di rumah sakit termasuk seorang balita yang menderita cedera kepala serius. Dua korban lainnya menjalani perawatan di lokasi kejadian.

Insiden Kamis adalah yang kedua terjadi pada tahun ini di kota terbesar kedua di Australia. Enam orang tewas ketika sebuah mobil menabrak sekelompok pejalan kaki pada Januari. [fw]

XS
SM
MD
LG