Tautan-tautan Akses

Mobil-mobil Mewah Milik Putra Presiden Guinea Khatulistiwa Dilelang


Mobil Lamborghini Veneno Roadster (2014) salah satu koleksi mobil super mewah milik Teodoro Obiang, putra Presiden Guinea Khatulistiwa Teodoro Obiang Nguema Mbasogo. Mobil-mobil itu disita dan dilelang di Jenewa, Swiss, 27 September 2019. (Foto: Reuters)

Sejumlah mobil mewah yang disita dari putra Presiden Guinea Khatulistiwa telah dilelang senilai AS$23 juta.

Ke-25 mobil itu disita oleh pihak berwenang Swiss setelah mereka melakukan penyelidikan atas kasus pencucian uang. Mobil-mobil itu pernah dimiliki Teodoro Nguema Obiang Mangue, yang merupakan wakil dari Presiden Teodoro Obiang, yang telah berkuasa selama 40 tahun.

Di antara mobil-mobil yang dilelang Minggu (29/9) adalah Lamborghini, Ferrari, Bentley, Rolls Royce dan McLaren.

Sebuah Lamborghini Veneno Roadster langka berwarna putih, yang hanya ada sembilan di dunia, terjual dengan harga AS$8,3 juta atau Rp 117,73 miliar kepada seorang pembeli rahasia.

Hasil lelang akan disumbangkan untuk mendanai program-program sosial di negara Afrika Tengah yang kecil dan kaya minyak itu.

Gaya hidup mewah Obiang pernah mengundang kemarahan asing sebelumnya. Tahun lalu, para pejabat Brazil menyita uang tunai AS$16 juta dan jam-jam tangan mewah dari seorang delegasi yang bepergian dengan Obiang.

Dia diberi hukuman percobaan tiga tahun oleh sebuah pengadilan Perancis karena menggunakan dana publik sebesar jutaan dolar untuk membayar sebuah apartemen di Paris, sebuah jet pribadi dan sejumlah mobil mewah.

Sebelumnya, dia meraih kesepakatan senilai AS$30 juta dengan pihak berwenang AS yang menuduhnya menggunakan dana publik curian untuk membeli sebuah rumah mewah di California dan sejumlah memorabilia Michael Jackson, termasuk sarung tangan bertabur kristal dari tur dunia "Bad." [vm/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG