Tautan-tautan Akses

Jajak Pendapat: Mitt Romney Diperkirakan Unggul Besar di New Hampshire


Setelah unggul tipis di Iowa, Mitt Romney melakukan kampanye di kota Manchester, negarabagian New Hampshire (4/1).
Setelah unggul tipis di Iowa, Mitt Romney melakukan kampanye di kota Manchester, negarabagian New Hampshire (4/1).

Fokus kampanye para kontestan capres AS dari partai Republik bergeser ke negarabagian New Hampshire yang akan menyelenggarakan pemilihan 10 Januari mendatang.

Rick Santorum yang konservatif dan mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney praktis sama kuat dalam kedudukan teratas dalam hasil pemungutan suara pada kaukus partai Republik di Iowa, permilihan kontestan calon presiden yang pertama untuk pemilihan presiden tahun 2012.

Setelah hampir semua kertas suara dihitung, Romney dan Santorum sama-sama memperoleh 25 persen suara dan penganjur anti-perang Ron Paul sedikit di belakang dengan 21 persen. Romney hanya unggul delapan suara dari Santorum

Para kontestan dari partai Republik telah dengan gigih berkampanye di Iowa, di mana penduduk dengan menahankan cuaca sangat dingin memberi suara mereka dalam rapat umum partai di seluruh negara bagian itu Selasa malam.

Partai Demokrat juga mengadakan rapat umum partai atau kaukus. Presiden Barack Obama tidak mempunyai saingan untuk mendapatkan pencalonan partai tetapi mengadakan pembicaraan dengan para pendukung melalui Internet Selasa malam. Ia menghadapi ujian yang sulit untuk memenangkan masa jabatan berikutnya dalam pemilu bulan November nanti. Ekonomi Amerika hanya pulih dengan sangat lamban dari resesi tahun 2007-2009, dan menyebabkan banyak para pemilih mempertanyakan kepemimpinannya.

Setelah pemungutan suara di Iowa, fokus kampanye kontestan calon presiden Amerika akan bergeser ke negara bagian berikut yang menyelenggarakan pemilihan kontestan, yaitu negara bagian New Hampshire, bagian timur laut Amerika Serikat.

Hasil survei atau jajak pendapat menunjukkan bahwa mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney sedang unggul besar di antara kontestan dari partai Republik pada pemilihan tanggal 10 Januari nanti, dengan lebih dari 40 persen dukungan, rata-rata 22 persen di atas penantang terdekatnya, anggota DPR Amerika Ron Paul dari Texas. Mantan ketua DPR Newt Gingrich di tempat kedua.

Mantan gubernur Utah Jon Huntsman, yang juga bekas dutabesar Presiden Barack Obama untuk Tiongkok, berkampanye di New Hampshire dan tidak berkampanye di Iowa. Ia menduduki tempat ke-4 dalam jajak pendapat itu.

Gubernur Texas Rick Perry dan anggota DPR Amerika Michele Bachman berencana melangkahi New Hampshire dan akan memusatkan perhatian pada South Carolina, negara bagian selatan yang mengadakan pemilihan pendahuluan tanggal 21 Januari. Poll menunjukkan pendukung mereka di New Hampshire sangat rendah.

Setelah New Hampshire dan South Carolina, negara bagian berikut mengadakan pemungutan suara adalah Florida tanggal 31 Januari dan Nevada tanggal 4 Februari.

Dan awal Maret, jumlah negara bagian yang menyelenggarakan pemungutan suara pada hari yang disebut “Super Tuesday” akan mengurangi lebih jauh jumlah kontestan.

XS
SM
MD
LG