Tautan-tautan Akses

Minggu, China Berencana Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan


Kapal Garda Pantai China mengerahkan meriam ke arah kapal Unaizah yang disewa oleh militer Filipina untuk membawa pasokan ke beting Second Thomas Shoal di Laut China Selatan, 5 Maret 2024. (Foto: Jam Sta Rosa/AFP)
Kapal Garda Pantai China mengerahkan meriam ke arah kapal Unaizah yang disewa oleh militer Filipina untuk membawa pasokan ke beting Second Thomas Shoal di Laut China Selatan, 5 Maret 2024. (Foto: Jam Sta Rosa/AFP)

China akan menggelar “patroli pertempuran” militer, Minggu (7/4), di Laut China Selatan yang disengketakan pada hari yang sama dengan pelaksanaan latihan gabungan oleh Filipina, Amerika Serikat (AS), Jepang dan Australia. Hal itu diungkap oleh militer China dalam sebuah pernyataan.

“Pada 7 April, Komando Terpadu Selatan Tentara Pembebasan Rakyat China menyelenggarakan patroli tempur gabungan angkatan laut dan udara di Laut China Selatan,” kata pernyataan itu.

“Semua aktivitas militer yang mengacaukan situasi di Laut China Selatan dan menciptakan titik panas berada di bawah kendali,” imbuh militer China, dalam pernyataan yang tampaknya ditujukan untuk latihan lain yang diadakan di perairan tersebut.

Pengumuman tersebut disampaikan satu hari setelah kepala pertahanan dari empat negara termasuk Filipina, mengatakan mereka akan melakukan latihan gabungan pada hari Minggu di wilayah tersebut. Filipina baru-baru ini terlibat dalam beberapa perselisihan maritim dengan Beijing.

Perincian mengenai aktivitas militer China di jalur perairan itu tidak diumumkan.

Latihan militer China itu berlangsung hanya beberapa hari sebelum Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dijadwalkan akan mengadakan pertemuan puncak trilateral pertama dengan para pemimpin Filipina dan Jepang.

Para pejabat senior AS berulang kali menyatakan komitmen “teguh” AS untuk membela Filipina terhadap serangan bersenjata di Laut China Selatan. Komitmen AS itu membuat Beijing khawatir.

China mengklaim kedaulatan teritorial atas hampir seluruh Laut Cina Selatan dan semakin tegas di wilayah tersebut dalam beberapa tahun terakhir. [ft/ah]

Forum

XS
SM
MD
LG