Tautan-tautan Akses

Militer Turki Siap Hadapi Pasukan Kurdi di Suriah


Kombatan Kurdi dari Unit Perlindungan Rakyat

Pejabat militer Turki mengatakan pihaknya siap melancarkan operasi ke wilayah Suriah untuk menghancurkan pasukan Kurdi, dianggap teroris oleh Ankara. Tapi bagi pihak Barat, Kurdi dianggap sebagai mitra utama dalam perang melawan ISISI.

“Angkatan Darat kami yang berjaya siap melaksanakan “Operation Safe Zone,” demikian cuitan dari militer Turki pada Selasa (8/10) sore, dan berjanji akan memerangi apa yang disebutnya teroris Kurdi dan juga ISIS, dengan “tekad penuh.”

Sebelumnya, Turki menempatkan sejumlah peluncur roket dan artileri di sepanjang perbatasan dengan Suriah. Pejabat militer mengatakan mereka tidak akan mengizinkan pendirian apa yang mereka sebut “koridor teror” di sepanjang perbatasan Turki.

Pejabat Kurdi menuduh di media social, Selasa (8/10), beberapa mortir sudah diluncurkan ke posisi Pasukan Demokratik Suriah atau SDF dekat Sere Kaniye, dekat perbatasan dengan Turki.

SDF mengatakan, tidak ada korban jatuh, dan pihaknya tidak menanggapi, serta menyebut serangan itu “tidak beralasan.”

Pejabat Kurdi mengatakan, Turki juga melancarkan serangan udara terhadap posisi Kurdi di Irak, dekat perlintasan perbatasan yang digunakan untuk memasok pasukan Kurdi. [jm/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG