Tautan-tautan Akses

AS

Trump Hadapi Kecaman Terkait Penarikan Pasukan AS dari Suriah Utara


Gedung Capitol di Washington, DC. (Foto: Diaa Bekheet)

Anggota-anggota Kongres dari Partai Demokrat dan Partai Republik, yang terkejut oleh pengumuman Trump untuk menarik pasukan Amerika dari Suriah utara, kini secara keras mengecam keputusan presiden itu.

Ketua Senat Mitch McConnell dari partai Republik, dan Ketua DPR Nancy Pelosi, dari Partai Demokrat, masing-masing merilis pernyataan yang mengkritik langkah itu.

“Penarikan pasukan Amerika dari Suriah akan menguntungkan Rusia, Iran, dan rezim Assad,” kata McConnell.

Pelosi mengatakan, “ini merupakan perkembangan yang merisaukan yang mengkhianati sekutu Kurdi kita yang menjadi mitra efektif dalam misi kita menghancurkan ISIS.”

Lindsay Graham, anggota dari Komite Hubungan Luar Negeri Senat, mencuit di Twitter, Senin (7/10). Katanya, dia sudah bicara dengan rekannya, Chris Van Hollen dari Partai Demokrat dan akan “memberlakukan sanksi bipartisan terhadap Turki seandainya mereka melakukan invasi ke Suriah, dan menyerukan pengusiran Turki dari NATO kalau mereka menyerang pasukan Kurdi yang membantu Amerika dalam penghancuran ISIS.”

Graham yang biasanya membela presiden, juga menyebut langkah itu sebagai “sebuah keputusan yang mengarah kepada bencana.” [jm/pp]

XS
SM
MD
LG