Tautan-tautan Akses

MIliter Malta Ambil Alih Kapal Tangki yang Dibajak Migran Libya


Militer Malta berjaga di atas geladak kapal tangki "El Hiblu 1" berbendera Turki di Valetta, Malta, 28 Maret 2019. Kapal tersebuh berhasil diambil alih dari pembajak di lepas pantai Libya.

Militer Malta mengatakan, sebuah tim operasi khusus telah mengambil alih sebuah kapal tangki yang dibajak sejumlah migran yang diselamatkan di lepas pantai Libya.

Kapal tangki El Hiblu 1 itu kini berada di pelabuhan di Valetta, ibukota Malta, beberapa jam setelah berhasil dicegat sekitar 30 mil dari lepas pantai Malta.

Angkatan Bersenjata Malta mengatakan, mereka sebelumnya berkomunikasi dengan kapten kapal tangki itu, yang berulangkali mengatakan bahwa ia dan para awaknya dipaksa para pembajak untuk meneruskan perjalanan ke Malta.

Tim operasi khusus itu kemudian menyerbu masuk ke kapal El Hiblu 1 dan mengembalikan kontrol kapal itu ke kaptennya.

Sejumlah pengawal bersenjata dikerahkan ke geladak kapal dan sejumlah migran dibawa dengan tangan terbogol setelah mencapai Valleta.

Kapal tangki itu menyelamatkan para migran itu Selasa, di Laut Tengah. Kapal itu bertujuan pulang ke Tripoli, namun para migran tersebut memberontak dan memaksa kapten dan para awaknya mengarahkan tujuan kapal itu ke Malta. [ab]

XS
SM
MD
LG